Senin, Agustus 15, 2016
Langganan

Jangan Tanya Soal Keberanian, Nanti Mereka Akan Mengajarkanmu


Bagaimana menjadi seorang perempuan pemberani, Mereka (Perempuan Papua) belajar dari apa yang terjadi didepan mata mereka, mereka berani mengambil resiko demi kedaulatan hati sedang menangis bagi bangsa Papua, merekapun berani mengores wajah dan tubuh mereka dengan cat untuk menyatakan apa yang ada di hati orang Papua untuk kebenaran di Papua. Itulah yang bisa kita gambarkan dengan perempuan Papua ini.

Foto-foto ini adalah aksi menolak New York Agreement 15 Agustus 1962 yang dimediasi oleh KNPB bersama rakyat Papua di Jayapura, (15/08).

New York Agremen adalah sejarah dimana Indonesia untuk pertama kali terjebak dalam konspirasi ekonomi politik imperialisme Amerika Serikat. AS selain berhasil mengatur transfer administrasi teritori West Papua dari tangan kolonial Belanda ke kolonial Indonesia, ia juga berhasil menjebak Indonesia menjadi budak ekonomi AS melalui penanaman modal asing agar Freeport McMoran, perusahaan milik AS merampok Sumber Daya Alam (SDA) di West Papua. Sumber foto Tabunigwe Lince.